Minggu, 02 Oktober 2011

pemisah sabut kelapa

 ALAT PENGOLAHAN

PEMISAH SERAT SABUT KELAPA

    Industri rumah tangga produksi minyak kelapa atau usaha jasa pemarutan dalam proses produksi pengambilan putih lembaga masih melalui proses pengupasan sabut dan pematikan tempurung yang dilakukan dengan cara manual, yaitu untuk proses pengupasan sabut menggunakan alat sejenis linggis (slumbat) atau dengan sebilah parang, dan untuk proses pematikan menggunakan parang berbentuk kampak. Kedua tahapan proses tersebut selain beresiko kecelakaan bagi operator juga banyak menguras tenaga dan waktu, dan hasil pematikan putih lembaga masih terdapat sisa tempurung yang menmpel, serta kapasitasnya hanya mencapai 30 buah kelapa/jam.
Proses pemisahan dengan cara manual dirasakan kurang efisien, oleh karena itu perlu perbaikan proses secara mekamis, yaitu dengan membuat mesin pemisah putih lembaga dari tempurungnya, agar kapasitas persatuan waktu dapat ditingkatkan dengan hasil pemisahan yang lebih baik dari cara manual yaitu putih lembaga bersih dari tempurung, dan pada akhirnya dapat menekan biaya produksi.

a. Menentukan mekanisme kerja untuk proses pembelahan dan pencukilan. Gergaji berbentuk piringan (circle disk) berputar untuk membelah buah kelapa langsung digerakkan motor listrik melalui transmisi sabuk puli, dan buah kelapa dicekam pada dua sisi dengan pencekam yang masing-masing dilengkapi dengan pegas tekan. Sedangkan pencekam belahan buah kelapa hasil penggergajian juga digerakkan motor listrik yang sama tetapi melalui transmisi gear box dan roda gigi kerucut (payung.). Gambar 3 adalah sketsa konstruksi mesin pembelah buah kelapa dan pemisah putih lembaga dari tempurung.
 
b. Perhitungan hubungan kapasitas yang ingin dicapai dengan dimensi gergaji, dimensi buah kelapa dan gaya pembelah mengacu pada mekanisme kerja proses pembelahan.


1. PERANCANG

PT. Sukaraja Putra sejatim Jl. Sawunggaling 6, Bandung 40116 Tel. 62 22 4207439, Fax. 62 22 432107, e-mail: handoko@ibm.net dan Sinar Teknik Sejahtera, Jl. Negla sari 28, Tangerang, Tel. 5522956.

2. PENGGUNA/FUNGSI : Memisahkan serat dan gabus

3. SPESIFIKASI

Dimensi : ---
Konstruksi : ---
Rancangan Fungsional : ---
Rancangan Struktural : ---
Bahan : ---
Kapasitas : ---
Umur Alat : ---
4. PRINSIP KERJA ALAT : ---

5. HARGA/ANALISIS BIAYA : Perkiraan harga alat 1 (satu) unit adalah Rp. 25-50 juta

6. KONTAK HUBUNGAN

Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat, Jl.Rasuna Said, Padang Baru, Padang, Tel. 0751 40040, Fax. 0751 40040 Jakarta, Maret 2001

Sumber : Teknologi Tepat Guna Untuk Agroindustri Kecil Sumatera Barat, Hasbullah, Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat, Padang, 2000.
sumber lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar