Senin, 26 September 2011

Ram


Random-access memory RAM "beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lain dari kata tersebut, lihat Ram (disambiguasi). Contoh memori ditulis volatil random-access: Synchronous Dynamic RAM modul, terutama digunakan sebagai memori utama dalam komputer pribadi, workstation, dan server. Jenis memori komputer Volatile

    * DRAM (misalnya, DDR SDRAM)
    * SRAM
    * Dalam pengembangan
          o T-RAM
          o Z-RAM
          o TTRAM
    Sejarah *
          o Keterlambatan garis memori
          o Selectron tabung
          o Williams tabung
Non-volatile

    * ROM
          o PROM
          o EPROM
          o EEPROM
    * Flash memori
    * Awal tahap
          o FeRAM
          o MRAM
          o PRAM
    * Dalam pengembangan
          o CBRAM
          o SONOS
          o RRAM
          o memori Racetrack
          o NRAM
          o Kaki seribu
Random-access memory (RAM) adalah bentuk penyimpanan data komputer. Hari ini, dibutuhkan bentuk sirkuit terpadu yang memungkinkan data yang disimpan dapat diakses dalam urutan apapun dengan kinerja terburuk waktu konstan. Sebenarnya, jenis DRAM modern karenanya tidak akses acak, sebagai data yang dibaca dalam semburan, meskipun nama DRAM / RAM telah terjebak. Namun, banyak jenis SRAM, ROM, OTP, dan NOR flash masih akses acak, bahkan dalam arti yang ketat. RAM sering dikaitkan dengan jenis memori volatile (seperti modul memori DRAM), dimana informasinya tersimpan akan hilang jika daya dihilangkan. Banyak jenis non-volatile memori RAM juga, termasuk sebagian besar jenis ROM dan jenis memori flash NOR-Flash disebut. Modul RAM pertama datang ke pasar pada tahun 1951 diciptakan dan dijual sampai 1960-an dan awal 1970-an.
Perangkat memori lain (kaset magnetik, disk) dapat mengakses penyimpanan data hanya dalam urutan yang telah ditentukan, karena keterbatasan desain mekanik.


Sejarah Ram



Sebuah tipe awal memori acak-akses yang luas dapat ditulis adalah memori inti magnetik, yang dikembangkan 1955-1975, dan kemudian digunakan pada kebanyakan komputer sampai pengembangan dan adopsi dari sirkuit statis dan RAM dinamis terintegrasi pada akhir tahun 1960 dan awal 1970-an. Sebelum ini, komputer digunakan relay, delay line / keterlambatan memori, atau berbagai jenis pengaturan tabung vakum untuk melaksanakan fungsi memori "utama" (yaitu, ratusan atau ribuan bit), beberapa di antaranya adalah akses acak, beberapa tidak. Drum memori dapat diperluas dengan biaya rendah tetapi pengambilan barang non-sekuensial memori yang diperlukan pengetahuan tentang tata letak fisik dari drum untuk mengoptimalkan kecepatan. Mengunci dibangun dari triodes tabung vakum, dan kemudian, dari transistor diskrit, digunakan untuk kenangan yang lebih kecil dan lebih cepat seperti random-access bank mendaftar dan register. Sebelum pengembangan sirkuit terpadu ROM, permanen (atau hanya untuk dibaca) random-access memory sering dibangun menggunakan matriks dioda semikonduktor didorong oleh decoder alamat, atau pesawat khusus luka memori inti.


Tipe Ram

Dua bentuk utama RAM modern static RAM (SRAM) dan RAM dinamis (DRAM). Dalam RAM statis, sedikit data disimpan menggunakan keadaan flip-flop. Bentuk RAM lebih mahal untuk diproduksi, tetapi pada umumnya lebih cepat dan membutuhkan daya kurang dari DRAM dan, di komputer modern, sering digunakan sebagai memori cache untuk CPU. DRAM menyimpan bit data menggunakan transistor dan kapasitor pasangan, yang bersama-sama terdiri dari sel memori. Kapasitor memegang biaya tinggi atau rendah (1 atau 0, masing-masing), dan transistor bertindak sebagai switch yang memungkinkan kontrol pada chip sirkuit membaca negara kapasitor biaya atau mengubahnya. Sebagai bentuk memori lebih murah untuk menghasilkan daripada RAM statis, itu adalah bentuk dominan dari memori komputer yang digunakan dalam komputer modern.
Kedua RAM statis dan dinamis dianggap stabil, karena negara mereka hilang atau reset ketika kekuasaan akan dihapus dari sistem. Sebaliknya, Read-only memory (ROM) menyimpan data dengan secara permanen mengaktifkan atau menonaktifkan transistor yang dipilih, seperti bahwa memori tidak dapat diubah. Varian ditulisi ROM (seperti memori EEPROM dan flash) berbagi sifat dari kedua ROM dan RAM, memungkinkan data untuk bertahan tanpa listrik dan diperbarui tanpa memerlukan peralatan khusus. Bentuk-bentuk yang gigih dari semikonduktor ROM termasuk USB flash drive, kartu memori untuk kamera dan perangkat portabel, dll Pada tahun 2007, NAND flash telah mulai mengganti bentuk-bentuk yang lebih tua dari penyimpanan persisten, seperti disk magnetik dan tape, sedangkan NOR flash digunakan di tempat ROM di netbook dan komputer kasar, karena mampu akses acak yang benar, yang memungkinkan eksekusi kode secara langsung.
Memori ECC (yang dapat berupa SRAM atau DRAM) meliputi sirkuit khusus untuk mendeteksi dan / atau kesalahan acak yang benar (kesalahan memori) dalam data disimpan, menggunakan bit paritas atau kode koreksi kesalahan.
Secara umum, RAM merujuk semata-mata untuk solid-state perangkat memori (DRAM atau SRAM baik), dan lebih khusus memori utama pada kebanyakan komputer. Dalam penyimpanan optik, istilah DVD-RAM adalah sedikit dari keliru karena, seperti CD-RW, DVD rewriteable harus dihapus sebelum dapat ditulis ulang.
 info : sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar